Sunday, April 20, 2014

PERLINDUNGAN ANAK - MELALUI CHILD FRIENDLY SPACES

Bersama Anak Anak Hebat - Thypon Yolanda di Philipina

By: Yuyum Fhahni Paryani – Child Protection in Emergency Specialist – Plan Indonesia
“Happy, Exhausted and Excited”. Terlibat dalam ERT Plan Indonesia, membuat saya belajar banyak tentang rasa kemanusiaan, team work yang kokoh, dan rasa kekeluargaan yang akrab. Semua serba baru, pengalaman baru, lingkungan baru, teman baru, dan belajar banyak hal yang baru. Saya belajar banyak untuk bisa menerima keadaan dan kondisi apapun demi tujuan yang ingin dicapai bersama. Itu yang penting”. Saya banyak belajar bagaimana membangun Child Friendly Space (CFS – Ruang Ramah Anak).

My Lovely CFS team
Bertemu dengan anak - anak korban bencana Thypoon Yolanda, membuat saya bisa berbangga dan bahagia. Bangga karena mereka tetap kuat dalam menghadapi bencana. Bahagia karena mereka memberi kami senyum yang tulus dan bahagia. Bukan kami yang buat mereka tersenyum bahagia. Tetapi, anak anaklah yang memberi kami kekuatan.
Bermain Holahop, Jatuh Melulu,,heheheh
Sebagai Child Protection in Emergency Specilist (CpiE Specilist) kami bertanggungjawab untuk melakukan kegiatan CFS. Kegiatan pertama setelah tiba di Bay-Bay Leyte (bersama Vanda’s team) adalah bertemu dengan anak anak di Tolosa Municipality. Kami siapkan semua kebutuhan untuk bermain dan belajar bersama anak anak, dengan bahan bahan seadanya. Saat akan mensett-up tempat berkegiatan, cuaca yang awalnya panas terik, tiba tiba hujan deras dan angin kencang. Kami pun terpaksa berteduh di bawah terpal plastik sembari menunggu hujan reda. Tatkala hujan reda, tempat yang sudah kami bersihkan tak bisa digunakan lagi, karena becek dan tergenang air. Kami pun terpaksa mencari tempat lain yang aman bagi anak anak.
Dampak Thypoon Yolanda
Sekitar 100’an bermain dan tertawa bersama sama kami. Namun, tiba tiba... hujan pun turun dengan derasnya. Kami segera menyelamatkan anak anak agar mereka tidak basah, dan  sebagian kami berteduh di bawah terpal plastik lagi. Tiba tiba.. entah siapa yang memberi komando, anak anak bernyanyi...rain rain go away, come again another day. All children want to play...kami pun menyanyikan lagu itu beramai ramai dan berharap hujan akan berhenti segera. Tak terasa, air mata ku tanpa sadar mau mengalir, tetapi kutahan, agar tak terlihat oleh anak anak. Betapa bahagianya saat melihat anak anak yang kuat dan hebat ini tetap ceria di dunianya.  Terima kasih, kata seorang Ibu muda kapada ku“saya belum pernah melihat anak anak tertawa bahagia lagi setelah Thaypon. Kalian membuat anak anak kami tersenyum kembali"
Begitu pula keceriaan anak anak di Alegria Baranggay – Julita Muncipality, mereka dengan bangga mengajarkan ku berhitung angka “satu sampai sepuluh” dengan menggunakan jari jari. Jika aku salah dalam menghitung, mereka pun dengan cepat memperbaiki dan kami pun tertawa bersama sama. Bersama team CFS yang solid, kami (Abby, Dyaine dan Edward) mempunyai tarian gembira bersama sama anak anak yaitu “Chicken Dance
Halangan dan rintangan saat berada di Philipina, tidak menjadi hal yang sulit bagi kami. Keterbatasan air minum, aliran listrik, sinyal internet bukanlah kendala yang berarti. Semua kami jalani dengan bangga. Saat mobil kami ada yang mengalami bocor ban, kami pun tetap mampu berkoordinasi sehingga semua bisa berjalan lancar. Waktu kepulangan pun hampir tiba, para relawan relawan yang kami latih, sangat berterima kasih terhadap apa yang telah kami lakukan. “Kalian sudah memberi kami kegiatan yang menyenangkan bersama anak anak. Kalau bisa Ate (kakak – bahasa tagalog) Yuyum jangan kembali ke Indonesia” pinta salah satu Volunteer melalui SMS. Sebagai warga negara Indonesia, saya bangga dan bahagia melihat sikap dan perlakuan masyarakat yang begitu kooperatif, mau menolong sesama dan tanpa pamrih.
Bay Bay – Leyte @Philipina, 16 Nov – 16 Dec 2013

No comments:

Post a Comment